Panduan Pengujian Hipotesis Dua Rata-Rata Beserta Contohnya
Hipotesis Statistik adalah pernyataan statistik tentang populasi yang diteliti. Jika menguji hipotesis penelitian dengan perhitungan statistik, maka rumusan hipotesis tersebut perlu diubah kedalam rumusan hipotesis statistik.
a). Untuk
dan 
b). Untuk
dan
;
c). Untuk
dan 
a). Untuk
(1)diterima jika
(2)ditolak jika
b). Untuk
(1)diterima jika
(2)ditolak jika
c). Untuk
(1)diterima jika
![]()
(2)ditolak jika
atau
Kalau dalam rumusan hipotesis penelitian hanya dituliskan salah satu saja yaitu hipotesis alternatif (Ha) atau hipotesis nol (Ho). Sedangkan dalam hipotesis statistik keduanya dipasangkan sehingga dapat diambil keputusan dengan tegas yaitu menerima Ho berarti menolak Ha begitu juga sebaliknya apabila Ho berarti menerima Ha. Hipotesis satistika dirumuskan untuk menjelaskan gambaran dan parameter apa dari populasi.
1. Jenis Pengujian Hipotesis
a. Hipotesis Direksional
Hipotesis Direksional adalah rumusan hipotesis yang arahnya sudah jelas atau disebut juga hipotesis langsung. Sedangkan pengujian hipotesis direksional terdiri dati dua yaitu uji pihak kiri dan uji pihak kanan.
b. Hipotesis Non Direksional
hipotesis non direksional (hipotesis tidak langsung) adalah hipotesis yang tidak menunjukan arah tertentu. Jika rumusan Ha berbunyi kalimat: tidak sama dengan (≠), maka sebaiknya Ho berbunyi kalimat: sama dengan(=). Pengujian ini menggunakan uji dua pihak (two tailed test).
UJI HIPOTESIS DUA RATA-RATA
Hipotesis adalah perumusan sementara mengenai sesuatu hal yang dibuat untuk menjelaskan hal itu dan untuk menuntun atau mengarahkan penelitian selanjutnya. Pengujian hipotesis berhubungan dengan penerimaan atau penolakan suatu hipotesis. Langkah atau prosedur untuk menentukan apakah menerima atau menolak hipotesis dinamakan pengujian hipotesis.
Untuk pengujian hipotesis, nilai-nilai statistik perlu dihitung kemudian dibandingkan menggunakan kriteria tertentu. Jika hasil yang didapat dari penelitian itu, dalam pengertian peluang, jauh berbeda dari hasil yang diharapkan terjadi berdasarkan hipotesis, maka hipotesis ditolak, jika terjadi sebaliknya hipotesis diterima (Sudjana, 1984:213).
A. Dua Tipe Hipotesis
· Hipotesis nihil/nol (H0) yaitu hipotesis yang menyatakan tidak adanya hubungan antara dua variabel atau lebih atau tidak adanya perbedaan antara dua kelompok atau lebih.
· Hipotesis alternatif (H1) yaitu hipotesis yang menyatakan adanya hubungan antara dua variabel atau lebih atau adanya perbedaan antara dua kelompok atau lebih
B. Dua Macam Kekeliruan
Dalam melakukan pengujian hipotesis, ada dua macam kekeliruan yang dapat terjadi, yaitu:
· Kekeliruan macam I: menolak hipotesis yang seharusnya diterima.
· Kekeliruan macam II: menerima hipotesis yang seharusnya ditolak
Untuk mengingat hubungan antara hipotesis, kesimpulan, dan macam kekeliruan dapat dilihat dalam tabel berikut.
Kesimpulan
|
Keadaan Sebenarnya
| |
Hipotesis Benar
|
Hipotesis Salah
| |
Terima hipotesis
|
Kekeliruan Macam II (β)
(kuasa uji = 1 – β)
| |
Tolak hipotesis
|
Kekeliruan Macam I
(taraf signifikan α)
|
C. Arah Pengujian Hipotesis
Pengujian hipotesis dapat dilakukan secara uji satu pihak dan uji dua pihak.
1. Uji dua pihak
Uji dua pihak digunakan bila hipotesis nol (H0) berbunyi “sama dengan” dan hipotesis alternatifnya (Ha) berbunyi “tidak sama dengan”. Dalam distribusi statistik yang digunakan terdapat dua daerah kritis pada masing-masing ujung distribusi.
2. Uji Pihak Kanan
Uji pihak kanan digunakan apabila hipotesis nol (H0) berbunyi “lebih kecil atau sama dengan ( < )” dan hipotesis alternatifnya (Ha) berbunyi “lebih besar (>)”. Kalimat lebih kecil atau sama dengan sinonim dengan kata “paling besar”. Dalam distribusi yang digunakan terdapat sebuah daerah kritis yang letaknya di ujung di sebelah kanan. Luas daerah tersebut sama dengan

3. Uji pihak kiri
Uji pihak kanan digunakan apabila hipotesis nol (H0) berbunyi “lebih besar atau sama dengan ( > )” dan hipotesis alternatifnya (Ha) berbunyi “lebih kecil ( < )”. Kalimat lebih besar atau sama dengan sinonim dengan kata “paling sedikit atau paling kecil”. Sama hal nya dengan pihak kanan, dalam distribusi yang digunakan terdapat sebuah daerah kritis namun letaknya di ujung di sebelah kiri. Luas daerah tersebut sama dengan

D. Menguji Kesamaan Dua Rata-Rata : Uji Dua Pihak
Banyak penelitian yang memerlukan perbandingan antara dua keadaan atau tepatnya dua populasi. Misalkan kita mempunyai dua populasi normal masing-masing dengan rata-rata
dan
sedangkan simpangan bakunya
.
Dari populasi kesatu yang diambil sebuah sampel acak berukuran
sedangkan dari populasi kedua sebuah sampel berukuran
dari kedua sampel ini berturut-turut didapat
.
Akan diuji tentang rata-rata
Pasangan hipotesis dan alternatif yang akan diuji adalah:
Untuk ini kita bedakan hal-hal berikut :
dimana
didapat dari daftar normal baku dengan peluang
.
2.
Jika H benar dan
dimana
tidak diketahui harganya. Maka rumus statistik yang digunakan adalah:
Dengan
Menurut teori distribusi sampling, maka statistik t di atas berdistribusi student dengan
.Kriteria pengujian adalah : terima
jika
, dimana
didapat dari daftar distribusi dengan
. dan peluang
. Untuk harga t lainnya
ditolak.
Jika kedua simpangan baku tidak sama tetapi kedua populasi berdistribusi normal, hingga sekarang belum ada statistik yang tetap yang dapat digunakan. Pendekatan yang cukup memuaskan adalah dengan menggunakan statistika
sehingga rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

Kriteria pengujian adalah : terima hipotesis
jika

Dengan :



dan



Dari populasi kesatu yang diambil sebuah sampel acak berukuran



Akan diuji tentang rata-rata

Untuk ini kita bedakan hal-hal berikut :
1.
dan
diketahui
Statistik yang digunakan jika H benar, ialah :
Dengan taraf nyata
maka kriteria pengujian adalah terima
jika
2.
dan
tidak diketahui
Jika H benar dan
Dengan
Menurut teori distribusi sampling, maka statistik t di atas berdistribusi student dengan
3.
dan kedua-duanya tidak diketahui
Jika kedua simpangan baku tidak sama tetapi kedua populasi berdistribusi normal, hingga sekarang belum ada statistik yang tetap yang dapat digunakan. Pendekatan yang cukup memuaskan adalah dengan menggunakan statistika
Kriteria pengujian adalah : terima hipotesis
Dengan :
didapat dari daftar distribusi student dengan peluang
dan dk = m. Untuk harga t lainnya, H ditolak.
4. Observasi berpasangan
Untuk observasi lapangan, kita ambil hipotesis dan hipotesis alternatifnya adalah :
Jika
maka data 
menghasilkan rata-rata
dan simpangan baku
. Untuk pengujian hipotesis, gunakan rumus statistik:
dan terima H jika
dimana
didapat dari daftar distribusi t dengan peluang
dan dk = (n - 1). Dalam hal lainnya H di tolak.
E. Menguji Kesamaan Dua Rata-Rata : Uji Satu Pihak
Sebagaimana dalam uji dua pihak, untuk uji satu pihak pun dimisalkan bahwa kedua populasi berdistribusi normal dengan rata-rata
dan
dan simpangan bakunya
dan
. Karena umumnya besar
dan
tidak diketahui, maka disini akan ditinjau hal-hal tersebut dimana
atau
.
1. Uji Pihak Kanan
yang diuji adalah:
dalam hal ini
, maka statistik yang digunakan adalah statistik t dengan
seperti rumus di atas. Kriteria pengujian yang berlaku adalah:
Terima
jika
dan tolak
jika t mempunyai harga lain.
Jika
, maka rumus statistik yang digunakan adalah
. Dalam hal ini kriteria yang digunakan adalah tolak
jika:
dan terima
jika terjadi sebaliknya. Dimana :
2. Uji Pihak Kiri
yang diuji adalah:
Langkah yang ditempuh dalam hal ini sejalan dengan uji pihak kanan. Jika
dan kedua-duanya tidak diketahui, maka statistik yang digunakan adalah statistik t dengan
seperti rumus di atas. Kriteria pengujian yang berlaku adalah:
tolakjika dan
dan terima
jika t mempunyai harga lain.
jika
, maka statistik yang digunakan adalah
. Dalam hal ini kriteria yang digunakan adalah tolak
jika:
dan terima
jika terjadi sebaliknya.
Dimana:
A. Contoh
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Kelumbayan Barat Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penulis : Tri Wahyudi
Tabel Daftar Nilai Tes Matematika Siswa
Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol
No.
|
Kelas Eksperimen
|
No.
|
Kelas Kontrol
|
1
|
63
|
1
|
53
|
2
|
77
|
2
|
53
|
3
|
63
|
3
|
57
|
4
|
47
|
4
|
40
|
5
|
70
|
5
|
40
|
6
|
57
|
6
|
50
|
7
|
60
|
7
|
73
|
8
|
77
|
8
|
57
|
9
|
60
|
9
|
40
|
10
|
80
|
10
|
43
|
11
|
67
|
11
|
60
|
12
|
73
|
12
|
63
|
13
|
73
|
13
|
50
|
14
|
67
|
14
|
47
|
15
|
93
|
15
|
47
|
16
|
83
|
16
|
50
|
17
|
80
|
17
|
67
|
18
|
57
|
18
|
60
|
19
|
57
|
19
|
70
|
20
|
73
|
20
|
67
|
21
|
47
|
21
|
53
|
22
|
50
|
22
|
60
|
23
|
50
|
23
|
77
|
24
|
70
|
24
|
43
|
25
|
60
|
25
|
63
|
26
|
83
|
26
|
87
|
27
|
53
|
27
|
63
|
28
|
90
|
28
|
50
|
29
|
60
|
29
|
50
|
30
|
73
|
30
|
83
|
31
|
80
|
31
|
53
|
32
|
70
|
32
|
67
|
33
|
53
|
33
|
53
|
34
|
50
|
34
|
53
|
35
|
70
|
35
|
73
|
36
|
60
|
36
|
70
|
37
|
93
|
37
|
77
|
38
|
77
|
38
|
53
|
39
|
63
|
39
|
70
|
40
|
70
|
Tabel distribusi frekuensi hasil tes pada kelas eksperimen
Nilai
| |||||
47 – 54
55 – 62
63 – 70
71 – 78
79 – 86
|
7
8
9
7
5
3
|
50,5
58,5
66,5
74,5
82,5
90,5
|
2550,25
3422,25
4422,25
5550,25
6806,25
8190,25
|
353,5
468
598,5
521,5
412,5
271,5
|
17851,75
27378
39800,25
38851,75
34031,25
24750,75
|
Jumlah
|
39
|
423
|
30941,5
|
2625,5
|
182483,75
|
Maka dapat dicari rata-rata
dan simpangan baku
sebagai berikut:
Simpangan bakunya adalah:
Daftar distribusi frekuensi hasil tes pada kelas kontrol.
Nilai
| |||||
47 – 47
48 – 55
56 – 63
64 – 71
72 – 79
807
|
7
12
8
7
4
2
|
43,5
51,5
59,5
67,5
75,5
83,5
|
1892,25
2652,25
3540,25
4556,25
5700,25
6972,25
|
304,5
618
476
472,5
302
167
|
13245,75
31827
28322
31893,75
22801
13944,5
|
Jumlah
|
40
|
381
|
25313,5
|
2340
|
142034
|
Maka dapat dicari rata - rata (
) dan simpangan baku (
) sebagai berikut:
Simpangan bakunya adalah :
Pengujian Hipotesis
a). Uji Kesamaan Dua Rata - Rata : Uji Dua Pihak
Rumusan Hipotesis
Tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif dengan siswa yang menggunakan metode konvesional.
Ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif dengan siswa yang menggunakan metode konvesional.
Kriteria Uji:
Terima
jika
selain itu
ditolak.
Diketahui:
Dengan:
Dimana:
Harga S dimasukkan ke dalam rumus
Dengan cara melihat tabel taraf signifikan 5%, yaitu :
Terima
Berarti ada perbedaan antara rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif dengan siswa yang menggunakan metode konvesional
b). Uji kesamaan dua rata-rata : Uji satu pihak
Rumusan hipotesis:
Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif lebih rendah dari atau sama dengan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.
0 Response to "Uji Hipotesis Kesamaan Dua Rata-Rata"
Posting Komentar